Salah satu Orang Terkaya di Dunia dari Indonesia

Forbes mengumumkan daftar terbaru orang terkaya di dunia. Chairul Tanjung telah masuk ke big 1.000 orang terkaya di dunia, tepatnya di peringkat 937. Di Indonesia sendiri, Chairul menempati peringkat ke-7, dengan aset bersih senilai US $ 1 miliar. Sebuah peningkatan yang signifikan untuk Rising Star. Pada Desember tahun lalu, Chairul telah peringkat ke-13 orang terkaya di Indonesia. Posisi pertama orang terkaya di Indonesia, masih ditempati oleh Budi Hartono, pemilik Grup Djarum.

Menurut Yosef Ardi, seorang wartawan bisnis senior dan pemilik 'Hari Indonesia' berita kantor online ekonomi, dalam sebuah wawancara dengan BBC Indonesia, katanya, "Mereka (Forbes) membuat daftar berdasarkan nilai kapitalisasi pasar dari perusahaan saham yang dimiliki oleh konglomerat yang terdaftar di bursa efek luar itu tidak dihitung karena mungkin sulit untuk menghitung.. Dengan demikian, nilai kekayaan Budi Hartono yang mencapai US $ 3,5 miliar, dihitung dari porsi kepemilikan yang ada dalam Bank BCA, yang merupakan 50%, dimana nilai kapitalisasi pasar BCA saat ini mencapai Kepemilikan sekitar US $ 13,9 miliar. aset lain seperti perusahaan rokok Djarum dan Mall Grand Indonesia, mungkin tidak dihitung, karena kedua perusahaan tidak terdaftar di BEI. "

Mungkin itu sebabnya, dari tujuh pengusaha Indonesia yang masuk dalam daftar 1.000 besar orang terkaya di dunia, tidak ada nama-nama seperti Tommy Winata, pemilik Grup Artha, atau Yusuf Merukh, raja tambang dari Indonesia Timur, atau Eddy Katuari, pemilik Wings Group. Ini pengusaha tidak mendaftarkan perusahaannya ke BEI, tetapi hanya beberapa dari mereka. Aburizal Bakrie? Dia masih kaya. Tapi hanya, sahamnya 'tujuh bersaudara' harga di BEI dijatuhkan secara substansial dalam beberapa bulan terakhir, jadi dia keluar dari daftar.

Bagaimana Tanjung Chairul? Chairul memiliki dua aset utama: Bank Mega dan Trans TV. Sejauh ini, Bank Mega hanya yang sudah terdaftar di BEI. Pada kuartal ketiga 2009, Chairul melalui PT Mega Corpora memiliki 55,7% dari total saham Bank Mega. Saat ini, Bank Mega diperdagangkan pada level Rp 2.450 per saham. Pada harga itu, Bank Mega memiliki kapitalisasi pasar sebesar Rp 7,8 triliun, atau sekitar US $ 847 juta. Dengan demikian, kekayaan Chairul yang berasal dari Bank Mega bernilai sekitar AS $ 472 juta.

Namun, saham Bank Mega di BEI yang tidak likuid, sehingga nilai kapitalisasi pasar yang tidak dapat sepenuhnya ditentukan oleh harga sahamnya, tetapi juga oleh tindakan akuisisi yang dilakukan oleh perusahaan. Saat ini, Chairul sangat rajin untuk melakukan akuisisi, termasuk melalui Bank Mega. Oleh karena itu, Bank Mega mungkin memiliki kapitalisasi pasar lebih dari US $ 847 juta, mungkin US $ 1 miliar. Laporan terbaru dari pencatatan kepemilikan yang dirilis oleh perusahaan, menunjukkan bahwa Chairul telah mengangkat bagiannya kepemilikan saham menjadi sekitar 65%. Dengan demikian, kekayaan Chairul berasal dari Bank Mega tidak layak AS $ 472 juta, namun sekitar US $ 650 juta.

Bagaimana nilai kekayaan Chairul Tanjung yang berasal dari Trans TV? Karena Trans TV belum terdaftar di BEI, tidak banyak informasi keuangan yang dapat diketahui dari hal ini salah satu stasiun televisi terbesar di Indonesia. Namun, beberapa pengamat percaya bahwa Trans TV memiliki kapitalisasi pasar kira-kira setara atau sedikit di atas Surya Citra Televisi (SCTV), satu stasiun televisi terbesar di Indonesia. Induk perusahaan SCTV, Surya Citra Media (SCMA), terdaftar di BEI. SCMA diperdagangkan hari ini di level Rp 850 per saham. Pada harga itu, SCMA memiliki kapitalisasi pasar sebesar Rp 1,6 triliun, atau sekitar US $ 177 juta. Jadi, mari kita hanya mengatakan bahwa Trans TV memiliki nilai sedikit lebih tinggi daripada SCTV yang US $ 177 juta, dan Chairul memiliki saham 100% di Trans TV. Kemudian total kekayaan Chairul Tanjung dari Trans TV kira-kira sekitar US $ 200 juta.

Dengan demikian, kekayaan Chairul Tanjung yang berasal dari Bank Mega dan Trans TV adalah sekitar US $ 850 juta. Chairul juga memiliki bank lain, Bank Mega Syariah, dan lain stasiun televisi, Trans 7 (51% saham). Jadi jika diakumulasi, kekayaan Chairul dari kepemilikan kedua bank dan dua stasiun televisi, kemungkinan berada di atas US $ 1 miliar.

Itu nilai hanya berasal dari kegiatan usaha bank dan stasiun televisi. Selain itu, melalui unit usaha keuangannya jasa, Chairul memiliki dua perusahaan asuransi, pasar perusahaan broker saham, dan tiga perusahaan jasa keuangan. Melalui media, dan unit gaya hidup bisnis, Chairul memiliki tour & travel perusahaan jasa, sebuah perusahaan busana, tiga F & B perusahaan, sebuah perusahaan ritel, perusahaan penerbangan, dan dua perusahaan hiburan. Melalui unit bisnisnya properti, Chairul memiliki lima perusahaan properti. Dan melalui unit bisnis barunya di bidang energi & perkebunan, Chairul memiliki delapan perusahaan. Berapa nilai total seluruh perusahaan, ditambah Bank Mega, Bank Syariah Mega, Trans TV dan Trans 7? Jelas, lebih besar dari US $ 1 miliar. Jadi bukan tanpa alasan jika Chairul Tanjung pernah mengklaim bahwa CT Corporation memiliki total aset sekitar US $ 2 miliar.

Meski begitu, itu tidak berarti engkau Chairul peringkat lebih tinggi dalam daftar, karena enam konglomerat Indonesia yang berada di atas Chairul, aset mereka juga dihitung dengan cara yang sama, sehingga total aset mereka cenderung lebih besar daripada yang ditampilkan oleh Forbes.

Mengingat dia hanya 47 tahun (anak bungsu dari tujuh), Chairul Tanjung masih memiliki peluang besar untuk menjadi orang terkaya di Indonesia. Mungkin satu-satunya saingan adalah Martua Sitorus, pendiri dan pemilik Wilmar International, perdagangan CPO terbesar dan perusahaan perkebunan di Asia (dan mungkin dunia), yang menjadi orang terkaya kedua di Indonesia, dan 316 terkaya di dunia. Wilmar Intl. yang tercatat di SGX, memiliki kapitalisasi pasar sekitar US $, 40,1 miliar luar biasa! Namun Martua memiliki saham hanya sekitar 7% di sana.

Martua hanya 50 tahun. Chairul sendiri, telah mulai mencoba untuk 'mengganggu' bisnis Martua dengan mendirikan beberapa perusahaan perkebunan kelapa sawit di Kalimantan.
Salah satu Orang Terkaya di Dunia dari Indonesia
4.5out of 5 based on 9.999 ratings. 999 user reviews.

No comments:

Post a Comment